Dapatkan banyak ilmu pengetahuan, tips dan trik, materi pembelajaran, berita terbaru, serta artikel menarik lainnya disini.

Breaking

Wednesday, March 16, 2016

Ciri - Ciri dan Daur Hidup Virus (BIOLOGI)

Kembali bersama saya di blog Bacangan. Setelah saya memposting tentang Pengertian dan Sejarah Penemuan Virus (klik untuk melihat) dan sekarang sekarang akan melanjutkan pembahasan tentang virus yaitu Ciri - Ciri dan Daur Hidup Virus (BIOLOGI) .

Virus memang unik, mereka bisa datang begitu saja dan terbentuk dengan tiba - tiba ataupun melalui beberapa tahapan proses . Untuk itu agar kalian bisa lebih memahami, sobat sekalian bisa membacanya dengan seksama .

Ciri - Ciri Virus

  • Merupakan mikroorganisme dengan ukuran antara 20nm-300nm (1 nm = 1/1.000.000 mm). Virus yg berukuran kecil memiliki diameter tubuh kurang lebih 20nm, sedangkan virus yg berukuran besar memiliki ukuran tubuh antara 150-300nm atau lebih
  • Virus hanya dapat berkembang biak pada sel sel hidup
  • Bersifat aseluler (tidak memiliki sel)
  • Hanya memiliki satu macam asam nukleat (DNA atau RNA)
  • Bentuknya bervariasi, ada yang oval, memanjang, silindris, batang dan bentuk T. Kebanyakan berbentuk seperti kecebong dengan kepala oval, dan ekor silindris.
  • Struktur tubuh virus terdiri atas kepala(selubung protein atau kapsid) yang di dalamnya terdapat asam nukleat, Ekor, dan serabut ekor. Contohnya seperti pada bakteriofag (virus bakteri)

Daur Hidup Virus

1). Daur litik

- Adsorpsi (penempelan virus pada sel inang)
- Injeksi/penetrasi (saat fag menyuntikkan isi fag yang berupa DNA kedalam sel bakteri)
- Sintesis/Replikasi (pembentukan virus baru didalam sel inang)
- Perakitan (komponen-komponen virus yg masih terpisah akan dirakit sehingga menghasilkan virus yang utuh)
-Lisis (penghancuran membran sel inang menggunakan enzim lisosom sehingga virus-virus dapat keluar dari sel inang tersebut)

2). Daur lisogenik -> reproduksi virus tanpa menghancurkan sel inangnya

- adsorpsi dan injeksi (fag menempel dan melakukan penetrasi kemudian memasukkan DNAnya ke dalam tubuh bakteri)
- Penggabungan (DNA virus bersatu dengan DNA bakteri membentuk profag)
- Pembelahan (Bila bakteri membelah diri, profag ikut membelah diri sehingga dua sel anakan bakteri juga mengandung profag didalam selnya. Hal ini akan berlangsung secara terus menerus selama sel bakteri yg mengandung profag membelah.

Gimana ? sudah paham sekarang bagaimana ciri -ciri dan daur hidup dari virus ? semoga artikel ini membantu bagi kalian semua. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di blog saya ini. 

Artikel ini dibantu oleh : Ilma Maulida Utami (X MIA 3 - MAN2 BANDUNG 2015/2016)

No comments:

Post a Comment