Dapatkan banyak ilmu pengetahuan, tips dan trik, materi pembelajaran, berita terbaru, serta artikel menarik lainnya disini.

Breaking

Sunday, January 17, 2016

Tips Agar Merasa Lebih Percaya Diri (PUBLIC SPEAKING) Saat Presentasi, Depan Panggung, Forum, dan lain lain

Tips Agar Merasa Lebih Percaya Diri Saat Presentasi, Depan Panggung, Forum, dan lain lain - Selamat datang kembali di blog saya ini, kali ini saya akan sedikit membagi ilmu yang telah saya dapat dari berbagai sumber, entah itu dari sumber pribadi diri saya, dari orang yang telah mengajari saya, teman - teman saya, dan banyak lagi.

Sebelum saya memberikan beberapa tips agar lebih percara diri, saya ingin mengucapkan sangat - sangat berterima kasih kepada semua sumber yang telah mengajari saya, dan juga terima kasih atas ilmu yang telah diberikan terutama kepada teman-teman, kaka - kaka, juga kepada Bapak yang sekaligus pada saat itu mengajar sebagai Dosen disalah satu Universitas di kota Bandung.

Saya tidak akan berpanjang lebar lagi, mari kita simak beberapa tips yang akan saya bagikan kepada kalian semua.

1. Niat 
Niat adalah modal utama sebelum anda berpresentasi atau melakukan public Speaking, karena semua hal yang akan kita lakukan di dunia ini tanpa niat kita tidak akan berhasil meskipun sudah melakukan segala cara. Tips ini di dapatkan dari salah satu teman saya, ia selalu berniat jika ingin melakukan public speaking, dan hal itu bukan omong kosong karena ia telah menjuarai beberapa lomba dengan tips ini.

2. Pahami inti materi yang akan disampaikan
 Tak kenal maka tak sayang, hal inipun berpengaruh pada materi yang akan kalian sampaikan, tak perlu semua kata - kata kalian hafal karena itu hanya akan membuat anda gugup, apalagi ketika kalian lupa satu atau lebih dari kata - kata yang kalian hafal. Maka dari ini lebih baik pahami saya inti dari materi yang akan kalian sampaikan, dan tambahkan saja secara spontanitas tetapi tetap rasional dan masuk akal. 
3. Berpenampilan
Selanjutnya Berpenampilan, maksudnya kalian saat didepan umum, presentasi, berforum, dan lainnya jika kalian merasa tampilan kalian terlihat kumuh, berminyak, baju yang kotor, kusut dan lainnya maka otomatis kalian setidaknya mengurangi rasa percaya diri kalian. Maka dari itu sebaiknya berpenampilanlah yang membuat kalian percaya diri, okey...

 
4. Percaya Diri
Ini adalah tips yang sudah menjadi rahasia umum. Percaya dirilah dengan cara kalian sendiri, ya misalnya bisa kita lihat para Comika Stand Up Comedy Indonesia, mereka percaya diri dengan melakukan hal - hal yang beragam, ada yang selalu berjalan kanan kiri, mengganti posisi mick kanan kiri, dan banyak lagi. 
 
5. Kenali Lawan bicara anda
Kenali lawan bicara anda, ini modal yang cukup penting juga, kalian harus menyatukan semua tips disini dan praktekan tips ini, karena bahasa, gestur, ekspresi, harus disesuaikan dengan lawan bicara anda, karena lawan bicara bisa seumuran, lebih tua, dan juga lebih muda.

6. Matangkan Materi
Setelah memahami inti, sekarang matangkan materi, matangkan dengan sepadat - padatnya, seringkas - ringkasnnya serta sejelas - jelasnya. Selain mematangkan materi kalian juga di tuntut untuk mematangkan diri kalian sendiri, karena percuma jika materi sudah matang tetapi diri kalian belum siap.

 
7. Pura - Pura Percaya diri
Ini dia Tips paling Ampuh dari semua trik, berpura - puralah percaya diri, coba kalian praktekan sendiri, kan berbisik kepada batin kalian masing - masing dan berkata "Pura - pura Percaya diri" karena jika kalian berniat saya percaya diri akan lebih ampuh trik ini, yaitu Pura - pura percaya diri.

8. Kenali Rasa Cuek
Rasa yang paling jahat di dunia, Yaitu rasa CUEK, eehehe becanda. Yap, rasa ini akan membuat anda semakin enjoy karena ketika kalian mendapat cobaan dari pendengar yang tak menghiraukan, atau sedikit iseng, dan banyak lagi, rasa inipatut kalian praktekan. Cobalah.

9. Jangan lihat mata mereka
Nah, ini merupakan tips yang lumayan ampuh dari tips lainnya setelah Pura - pura percaya diri, yaitu jangan lihat mata mereka melainkan, jika ada laki - laki cobalah lihat jidat mereka, dan jika ada wanita berjilbab maka lihatlah kerudung mereka. Cara ini cukup ampuh untuk mengurangi rasa kegr-an yang mereka rasakan, hehe

10. Karena Allah
ya, tips ini adalah tips yang paling paling jitu, karena semua hal, apapun, berasal dari Allah S.W.T maka ketika kita semua akan melakukan public speaking, disarankan tips ini selalu di ingat, karena Insyaallah tips ini akan membantu kalian semua.

Terima kasih telah berkunjung, silahkan baca artikel - artikel lainnya di blog ini, dan mohon di bagikan kepada kawan, sahabat, dan orang lain, karena berbagi ilmu itu insyaallah akan mendapat keberkahan,
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:
 “Sesungguhnya yang sampai kepada seorang mukmin dari amalannya dan kebaikannya setelah meninggal dunia ialah, ilmu yang ia ajarkan dan ia sebarkan, anak shaleh yang ia tinggalkan, mushaf AL-Qur’an yang ia wariskan, masjid yang ia bangun, rumah yang diperuntukkan untuk ibnu sabil yang ia bangun, sungai yang ia alirkan, sedekah yg ia keluarkan dari hartanya dalam keadaan sehat dan hidup.” (HR Ibnu Majah, Al-Baihaqi dan Khuzaimah)

Di hadits yang lain disebutkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:
 “Jika seorang anak Adam meninggal dunia maka terputuslah semua amalnya, kecuali 3 hal: shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang mendo’akannya.” (HR Muslim)

Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu ta’ala ‘anhu, bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari)



Terimakasih juga kepada :
Google.com
http://www.radiorodja.com
https://muslim.or.id
 Assalamu'alaikum wr.wb.

No comments:

Post a Comment