Dapatkan banyak ilmu pengetahuan, tips dan trik, materi pembelajaran, berita terbaru, serta artikel menarik lainnya disini.

Breaking

Tuesday, April 5, 2016

Pengertian dan Unsur - Unsur Pagelaran Teater

Pengertian dan Unsur - Unsur Pagelaran Teater - Teater, siapa yang tidak kenal dengan kata itu, yang mengartikan pertunjukan dan seni. Teater tidak bisa dipisahkan dengan Seni, karena semua unsur dalam teater harus mengandung seni. Seni adalah keindahan dan keistimewaan. Disini saya akan membahas tentang apasih Pagelaran Teater itu ? dan Apa saja unsur - unsur dalam Pagelaran teater itu ? Disini akan dibahas dengan lengkap.

Mungkin sebagian besar pembaca artikel ini adalah para pelajar dan para pencari ilmu, karena biasanya Pengertian dan Unsur- Unsur Pagelaran teater di tanyakan oleh guru - guru dan para pembimbing. Kegiatan teater memanglah asik, tetapi dalam mencapai tujuannya yaitu pada Pentas Pagelaran Teater, butuh proses yang tidak mudah untuk dilakukan. 

Tidak akan lama saya "berbicara" lagi, seilahkan simak Pengertian dan Unsur- Unsur Pagelaran Teater berikut ini.

1. Pengertian Pagelaran Teater

Pergelaran Teater secara umum, adalah proses komunikasi atau peristiwa interaksi antara karya seni dengan penontonya yang dibangun oleh suatu sistem pengelolaan, yakni manajemen seni pertunjukan. Manajemen Seni Pertunjukan dapat dipahami sebagai serangkaian tindakan yang dilakukan seorang pengelola seni (pimpinan produksi) dalam memberdayakan sumber-sumber (potensi) yang ada berdasarakan fungsi- fungsi manajemen (POAC) secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan seni.

Pergelaran/Pementasan merupakan kegiatan untuk memperkenalkan atau menunjukan hasil karya seni  musik, tari, teater/drama dan lainnya kepada masyarakat luas. Pergelaran adalah cara untuk melakukan komunikasi antara pencipta karya dan penikmat karya .

 Selanjutnya adalah Unsur - Unsur Pagelaran Teater, silahkan simak dengan seksama.
 

2. Unsur - Unsur Pagelaran Teater

1.Panitia Pergelaran

                Panitia adalah sekelompok orang-orang yang membentuk suatu organisasi untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam hal ini, organisasi yang dibentuk dengan system panitia. Dengan system kepanitiaan dalam pergelaran seni, termasuk pergelaran Teater sangat cocok untuk diterapkan. Karena pembentukan organisasi dengan system panitia mempunyai kemudahan, yakni mudah dibentuk dan mudah pula untuk dibubarkan tanpa adanya ikatan kerja yang rumit.

2.Materi Pergelaran Teater


Syarat kedua sebagai unsur penting di dalam pergelaran Teater adanya unsur materi seni atau karya teater. Materi pergelaran yang dimaksud adalah wujud karya teater yang dibangun melalui proses kreatif melalui tahapan dengan menggunakan medium tertentu bersifat kolektif (bekerja bersama) dengan wilayah kerja dan tanggungjawab secara bersama (kolaborasi). Unsur penting selanjutnya di dalam pergelaran teater adalah hadirnya penonton



3. Penonton

                Penonton adalah orang-orang atau sekelompok manusia yang sengaja datang untuk menyaksikan tontonan. Penonton dapat juga dikatakan sebagai apresiator, penikmat, penilai, dst. pada materi seni (seni teater) yang di pergelarkan. Oleh sebab itu, kedatangan penonton dalam suatu pergelaran adalah bersifat mutlak. Tanpa penonton, pergelaran teater adalah kesia-siaan atau kegiatan mubazir. Karena pergelaran teater membutuhkan suatu penilaian, penghargaan atau kritikan dari sebagai Apresiator Teater orang lain dalam rangka menciptakan peristiwa seni sebagai peristiwa budaya.
penonton dalam hubungan pergelaran seni (Teater) dapat dibedakan dalam tiga golongan, yakni penonton: awam, tanggap dan kritis.
  1. Penonton awam adalah penonton penikmat seni dengan kecenderungan kurang atau tidak dibekali dengan pengetahuan dan pengalaman seni. Dalam hal ini wawasan dan pengalaman seni Teater.
  2. Penonton tanggap, artinya penonton bersikap responsif dengan kecenderungan mempunyai wawasan dan pengalaman seni, tetapi tidak ditindaklanjuti untuk mengulas pada apa yang pergelaran yang ditontonnya cukup untuk dipahami dan dinikmati sendiri.
  3. Penonton kritis, adalah penonton dengan bekal keilmuan dan pengalaman seni lalu melakukan ulasan atau menulis kritik pergelaran dan dipublikasikan dalam forum ilmiah, diskusi sampai media cetak dan elektronik.
  

Setelah membaca artikel ini dengan seksama, maka dapat disimpulkan bahwa, Pagelaran Teater adalah proses komunikasi atau peristiwa interaksi antara karya seni dengan penontonya yang dibangun oleh suatu sistem pengelolaan, yakni manajemen seni pertunjukan. Dan pagelaran teater memiliki 3 Unsur yang berbeda, yaitu : Panitia Pagelaran, Materi Pagelaran, serta Penonton. 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua, terutama para pelajar yang senantiasa mencari ilmu terus menerus untuk mencapai tujuan masing - masing, yaitu cita - cita yang di dambakan. Sekian dari saya, silahkan baca juga artikel lainnya di blog bacangan ini. Terima kasih



No comments:

Post a Comment