Dapatkan banyak ilmu pengetahuan, tips dan trik, materi pembelajaran, berita terbaru, serta artikel menarik lainnya disini.

Breaking

Saturday, October 3, 2020

Beragam Cara Berpenghasilan Melalui Internet Untuk Meningkatkan Swasembada Perekonomian Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19

        Saat ini sebagian atau lebih dari seluruh elemen masyarakat sedang mengalami penurunan kinerja, baik pada sektor pendidikan, industri, sosial dan politik, hingga perekonomian. Dampak yang paling terasa oleh masyarakat adalah kondisi perekonomian yang belum berjalan secara optimal. Hal ini didasari oleh regulasi dan peraturan pemerintah saat ini, yang diantaranya adalah membatasi aktivitas sosial dan berkehidupan secara langsung, sehingga pola kehidupan baru seperti beraktivitas dan bekerja dari rumah menjadi prioritas yang lebih diutamakan.

        Selain itu, Kementerian Ketenagakerjaan telah mengeluarkan data per tanggal 31 juli 2020, yaitu jumlah pekerja formal maupun informal yang terdampak COVID-19 mencapai lebih dari 3,5 juta orang.  Lalu, pada 9 Agustus 2020, Kementerian Ketenagakerjaan melakukan cleansing bersama BPJS Ketenagakerjaan, sehingga didapati 2.146.667 pekerja yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Diantaranya adalah 1.132.117 pekerja formal yang dirumahkan dan lebih dari 383.645 di-PHK. Selain itu, terdapat pula 630.905 lebih pekerja informal yang usahanya terganggu.

        Berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan pula, pandemi Covid-19 telah mengakibatkan meningkatnya angka pengangguran di Indonesia, yang diantaranya 6,8 juta tingkat pengangguran terbuka ditambah total pekerja kena PHK maupun dirumahkan sebanyak 3,5 juta orang, sehingga totalnya mencapai 10,3 juta orang. Maka, Berdasarkan data yang merujuk pada kondisi permasalahan perekonomian masyarakat terutama di Indonesia saat ini, tentu harus ada solusi penanggulangan yang dilakukan secara mikro maupun makro. Secara makro, berdasarkan laman bbc.com, pemerintah telah menyuntikan lebih dari Rp405 triliun untuk stimulus di bidang kesehatan, jaring keamanan sosial (social safety net), insentif perpajakan dan stimulus Kredit Usaha Rakyat atau KUR, restrukturisasi kredit, dan pembiayaan untuk usaha kecil dan menengah. Maka, langkah selanjutnya adalah bagaimana masyarakat memanfaatkan fasilitas yang ada khususnya untuk meningkatkan kualitas perekonomian berskala mikro.

        Di lain sisi, berjalannya pandemi  Covid-19, kehidupan masyarakat hingga saat ini semakin menunjukan meningkatnya angka ketergantungan dalam menggunakan internet, berdasarkan hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada 2018 jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 171,17 juta dari total populasi sebanyak 264,14 juta orang pada saat itu, dengan pertumbuhannya 10,12% atau 27,9 juta pengguna internet. Adapun kondisi saat ini, karena adanya perilaku perubahan dari kantor ke rumah, terjadi kenaikan trafik sekitar 25-25%. Hal ini tentu bisa menjadi sebuah keterpurukan ataupun peluang bagi sebagian orang.

Dengan kondisi meningkatnya penduduk yang berada di rumah dan mengakses internet, tentu ini menjadi sebuah peluang bagi sebagian orang yang harus dimanfaatkan. Dengan jumlah pengguna yang meningkat, dan pekerjaan yang teralihkan secara digital, maka internet menjadi sebuah peluang usaha yang didalamnya bisa mendapatkan penghasilan yang tidak main – main. Terdapat 8 cara mendapatkan penghasilan melalui internet yang akan dipaparkan sebagai berikut,

1.    Aktif Mengunggah Video pada Platform Youtube

Berdasarkan survei We are Sosial pada 2019 menyebutkan bahwa 150 juta penduduk Indonesia yang aktif menggunakan platform Youtube dengan 88% pengguna atau setara dengan 132 juta pengguna. Youtube membuka peluang bagi para content creator untuk terus berinovasi dan berkreativitas yang akan diapresiasi melalui adsense atau iklan. Hal ini akan menjadikan para content creator memiliki penghasilan pasif disetiap waktunya.

Dalam membuat video, tentu harus ada ide dan nilai yang tertanamkan didalamnya, hal – hal yang bisa menjadi rujukan adalah membuat konten video dengan tema sebagai berikut : 

  • Vlogger

Menjadi vlogger merupakan sesuatu yang tidak terlalu sulit, karena didalamnya hanya menampilkan keseharian baik umum maupun khusus sang content creator. Vlogger memiliki konsep beragam, diantaranya Daily Vlogger, Food, automotive, coocking, housing, dan lain sebagainya. Dalam membuat videonya, hanya diperlukan kamera serta peralatan yang menunjang jika dibutuhkan, seperti microfon, pencahayaan, latar belakang ruang, dan lain sebagainya.

  •  PodCast

Jika conten creator pemalu dalam merekam keseharian dengan konsep vlogger, maka cara lain adalah dengan membuat podcast, baik dengan menampilkan wajah ataupun hanya dengan spektrum audio saja. Berbeda dengan vlogger, biasanya video podcast harus memiliki latar belakang ruang yang tenang dan sepi, untuk menunjang kejernihan suara yang didapatkan. Dalam proses pembuatannya, konten podcast bisa dilakukan oleh kelompok atau dialog maupun individu atau minolog.

  • Tutorial

Namun, jika masih terkendala dalam membuat video karena keterbatasan dalam bercakap, maka solusi lain adalah dengan membuat konten tutorial terkait dengan keahlian yang dimiliki oleh content creator.  Semua orang memiliki bakat sesuai dengan kapasitas diri mereka masing – masing, baik dalam hal yang sederhana hingga sesuatu yang memiliki nilai profesional. Maka, tentu ini akan menjadi sebuah peluang dalam membuat konten, baik tutorial yang dipaparkan melalui gerakan tubuh secara langsung hingga animasi, tergantung dengan kemampuan sang content creator.

  • Informasi

Jika konsep vlog, podcast, dan tutorial, merupakan sesuatu yang masih sulit untuk dibuat, maka pilihan lainnya adalah membuat video mengenai pemaparan informasi dari suatu media, baik dibuat menyerupai ringkasan, analisa, maupun pemamaran ulang. Content Creator disini bertugas untuk mencari data valid terkait apa yang akan dipaparkan, baik informasi publik, dakwah, pembelajaran, sains, dan lain sebagainya. Sudah banyak diantara para youtuber yang membuat konten informasi dengan keunikan tersendiri yang sangat diminati oleh para penonton, dan dalam membangun konsep video, maka para content creator bisa dimulai dari melihat, mengamati dan memodifikasi, baik dalam segi tampilan, informasi yang disampaikan, hingga hal yang terkecil, yaitu intonasi suara dan musik yang terdapat di dalamnya.

Berdasarkan laman intipseleb.com, 3 Saluran Youtube asal Indonesia yang memiliki penghasilan tertinggi pada tahun 2020, yaitu pada Saluran Baim Paula, dengan 800 juta-13,35 miliar rupiah, Rans Entertainment dengan 600 juta -10 miliar rupiah, Deddy corbuzier dengan 490 - 7,91 miliar rupiah. Tentu dalam prosesnya, mereka telah membuat sebuah konsep yang dilakukan secara rutin dan matang, maka hal yang harus ditiru oleh conten creator lainnya adalah dengan meniru semangat juang, konsisten dan berani untuk memulai.

2.    Aktif menulis di website atau blog

Melihat realita yang ada, ketika seseorang ingin mencari tahu sesuatu, maka sekarang ini mereka memiliki kecenderungan untuk melakukan pencarian digital, seperti pada beberapa platform yahoo, bing, google, dan lain sebagainya. Dan berdasarkan data yang dikeluarkan oleh We Are Social, bahwa masyarakat Indonesia menggunakan media pencarian dengan platform Google.com dan Google.co.id yang memiliki jumlah total trafik perbulan mencapai 1,732,200,000, disusul Yahoo.com dengan 89,800,000 trafik perbulan. Dan sebagian besar dari apa yang dicari pada laman pencarian adalah artikel – artikel yang ditulis pada website maupun blog.

Dengan hanya menuliskan sebuah artikel, para penulis bisa mengadaptasi tulisan dari hal yang paling sederhana, misalkan tugas sekolah yang memiliki jumlah yang sangat banyak dari setiap mata pelajaran maupun mata kuliah, dengan menuliskan kembali baik berupa materi kelas, tugas, rangkuman, hingga laporan, maupun penelitian, itu semua menjadi sesuatu yang bisa menjadi awal mula kepenulisan. Hal ini akan menjadi daya Tarik tersendiri terutama saat pandemic covid-19, yang mana para murid dan mahasiswa dituntut untuk belajar di rumah, dan tentu dampaknya adalah pencarian materi melalui media pencari digital. Selain itu, tentu banyak hal lain, seperti menuliskan konten seperti :

  • Teks prosedur, seperti trik dan tips dalam melakukan sesuatu,
  • Teks argumentasi, seperti membuat karya tulisan romantis, pendapat mengenai suatu hal dengan sudut pandang baik pribadi maupun suatu tokoh,
  • Teks informasi , seperti menceritakan pengalaman kehidupan, berita, pemaparan fakta, dan yang terpenting bukan HOAX atau berita bohong, dan lain sebagainya.

Selanjutnya, keuntungan yang didapat dari aktif menulis di website atau blog, yaitu dengan 2 cara :

            Iklan Tayangan (Display Ads)

Yaitu iklan yang tayang berdasarkan kerja sama dengan pihak ke-3, contohnya adalah google adsesnse, dan lain sebagainya. Dalam mengaktifkan iklan tersebut para pemilik website atau blog harus melakukan pendaftaran pada google adsense, lalu melakukan hubungan antara google adsense dengan website yang akan didaftarkan dengan cara menambahkan kode script khusus pada website tersebut. Lalu, pendapatkan yang bisa didapatkan bervariasi tergantung dengan sumber pengunjung, yang mempengaruhi Cost Per Click / Cost Per Miles atau harga per klik atau per seribu klik. Maka, dapat disimulasikan sebagai berikut,

Jumlah Pengunjung perbulan

Pendapatan Perbulan

100.000

Rp. 1.000.000 – Rp. 2.000.000

1000.000

Rp. 10.000.000 – Rp. 20.000.000

Namun, perlu digaris bawahi, bahwa pendapatan bisa saja kurang maupun lebih dari simulasi diatas, karena tergantung daerah asal para pengunjung dan ketentuan lainnya.

Iklan Sponsor dan mandiri (Sponsored and Self Ads)

Yaitu iklan yang tayang berdasarkan kesepakatan antara pengiklan dengan pemilik website. Para pemilik website bisa menawarkan kepada sejumlah pengiklan, dan menjalani kesepakatan dengan menampilkan gambar atau banner iklan maupun iklan berjenis kunjungan laman atau situs. Berdasarkan survei yang didapat, maka, keuntungan yang didapat disimulasikan sebagai berikut,

Website/Blog dengan visitor per bulan

Jumlah pengiklan (x)

Pendapatan perbulan

100.000

1 pengiklan x Rp. 300.000 – Rp. 500.000

Rp. 300. 000 – Rp. 500.000

500.000

2 pengiklan x Rp. 1.500.000 – Rp. 2.500.000

Rp. 3.000.000 – Rp. 5.000.000

Berdasarkan data diatas, mungkin bagi sebagian pemula beranggapan akan sulit untuk mendapatkan jumlah pengunjung seperti itu, namun tentu ada strategi yang bisa dibuat, yaitu dengan membuat skema jumlah artikel, seperti dibawah ini,

Jumlah Artikel

Jumlah Visitor / Artikel / bulan

Jumlah Visitor Perbulan

10

5000

50000

50

5000

250000

Maka, jika dilakukan dengan konsisten, hal ini akan menjadikan suatu kemudahan bagi para penulis digital, namun perlu digaris bawahi bahwa jenis website seperti apa yang akan mudah di indeks oleh mesin pencari seperti google, yahoo, bing, dan lain sebagainya. Berkaitan dengan hal tersebut, maka jawabannya adalah website yang mudah terintegrasi melalui seo dengan bantuan Domain TLD, seperti .com, .net, dan lain sebagainya. Untuk membuat website dan blog dengan mudah, maka salah satu solusinya adalah dengan mendapatkannya di Exabytes yang merupakan Hosting Terbaik Indonesia yang melayani Hosting WordPress Terbaik dan DomainMurah, kedua layanan tersebut sangat cocok terutama bagi para calon penulis maupun para penulis yang sudah berpengalaman yang ingin meningkatkan kualitas pada website maupun blog yang dimiliki.

3.    Menjual produk atau jasa di Sosial Media

Sekarang ini banyak masyarakat yang tidak bisa keluar rumah dan mengunjungi toko atau gerai offline, maka konsep yang harus dikembangkan adalah peluang dari kendala tersebut yaitu menjual produk secara digital dan menghampiri masyarakat melalui berbagai strategi pemasaran. Pemilihan produk maupun jasa yang akan dijual bisa dengan cara melihat kapasitas dan kapabilitas diri, baik melalui bakat, seperti memasak, membuat barang seperti baju, jaket, tempat minum, dan lain sebagainya, serta jasa seperti mendesain logo, membuat tulisan, mengerjakan tugas, dan lain sebagainya.

Selain produk dan fasilitas perlengkapan untuk menunjang jasa yang akan ditawarkan terutama pada sektor sosial media, maka perlu adanya strategi bisnis, maka strategi yang bisa digunakan adalah sebagai berikut,

1.       Membuat foto dokumentasi produk dan jasa sebaik mungkin dan presentasikan dengan teknik copywriting yang baik, agar lebih eyecatching dalam satu slide gambar.

2.       Membuat akun official, misalkan pada platform Instagram, facebook, twitter, tiktok, dan lain sebagainya.

3.       Membuat website official, hal ini sangat krusial, karena kepercayaan pelanggan biasanya akan lebih meningkat dengan adanya website official penjualan suatu produk maupun jasa, dan para pebisnis bisa menggunakan layanan Hosting WordPress Terbaik yang disediakan oleh Exabytes.

4.       Membuat E-mail bisnis, biasa disebut dengan e-mail marketer, yaitu berfungsi untuk mengirim email otomatis dengan template khusus dan menarik, sehingga ketertarikan dan kepercayaan pelanggan atas kualitas pelayanan akan meningkat. Hal ini sudah disediakan oleh Exabytes dan akan membantu para pebisnis melalui layanan Solusi Email Marketing.

5.       Melakukan kerja sama Paid Promote, jika memiliki dana awal, maka dengan persiapan yang sudah matang, langkah promosi berbayar misalnya kepada selebgram, akun publik yang memiliki pengikut yang banyak, itu akan sangat membantu dan efektif.

6.       Melakukan pengiklanan gratis, beberapa akun menyediakan iklan gratis sehingga para penjual produk atau jasa bisa menitipkan slide promosi produk atau saja mereka. Hal ini bisa dicari dengan mengetikan “Free Paid Promote” atau sejenisnya dimesin pencarian pada sosial media yang digunakan.

7.       Melakukan pengiklanan berbayar profesional, seperti google adsense, facebook adsense, tiktok bisnis, dan lain sebagainya.

4.    Reseller / Dropshiper Di Toko Online

Berdasarkan data yang dilansir oleh iprice.com, toko online yang paling popular perkuartal 2 pada 2020, yaitu shopee dengan 93,440,300 pengunjung web perbulan, disusul tokopedia dengan 86,103,300, Bukalapak dengan 35,299,100, lazada dengan 22,021,800, dan diposisi ke-5 yaitu Blibli dengan 18,307,500 pengunjung web perbulan. Jika dilihat dalam kacamata bisnis, maka peluang pasar dari banyaknya pengunjung perbulan pada beragam toko online. Tentu saja jika ditarik dengan pemasaran produk yang telah disebutkan sebelumnya, toko online menjadi peluang yang sangat besar. Namun, banyak diantara masyarakat yang memiliki keterbatasan dalam sebuah produk maupun jasa yang akan mereka tawarkan, bahkan diantaranya tidak dapat menemukan potensi yang ada pada diri mereka, sehingga kegagalan dalam membuat produk maupun membuka jasa sangat kecil.

Berdasarkan permasalahan tersebut, maka sistem dan konsep menjadi reseller maupun dropshiper menjadi sebuah opsi lain. Konsep ini memiliki keunggulan tersediri, yaitu tidak perlu adanya modal material yang telalu banyak, yaitu hanya penekanan pada fasilitas untuk mengaksesnya baik gawai serta kuota untuk menjalankan koneksi. Setelah fasilitas sudah tersedia, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana mencari produk pada produsen, lalu bagaimana memasarkannya melalui toko online.

Ternyata konsepnya sangat sederhana, yaitu masyarakat bisa melihat disekitar desa maupun lingkungan rumah mereka, apakah ada tetangga maupun rekan mereka yang menjual suatu produk, hal ini akan mempermudah proses kepercayaan terhadap produsen, karena tempat produksi bisa terjangkau. Namun, jika disekeliling daerah tidak bisa didapatkan suatu produk maupun jasa yang bisa ditawarkan di toko online, maka solusinya adalah mencari produsen secara daring, baik melalui sosial media maupun toko online itu sendiri, karena banyak diantara toko online yang ternyata memang langsung dari produksi sehingga harga yang ditawarkan sangat mudah dan bisa dijual kembali dengan harga yang relatif lebih tinggi.

Secara garis besar, hal yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut,

1.       Mencari data informasi produsen untuk bisa dihubungi jika terdapat pesanan,

2.       Jika hal tersebut telah disepakati untuk bekerja sama dalam proses penjualan, maka tahap selanjutnya adalah meminta data seperti gambar, keterangan detail, hingga jenis pengiriman yang digunakan, agar sang reseller dan dropshiper mudah dalam memberikan informasi kepada konsumen,

3.       Lalu, daftarkan diri sebagai pemilik toko atau membuka toko pada beberapa situs toko online, dan mulai membuat post terkait produk yang telah disepakati

4.       Jika mendapati konsumen yang membeli produk tersebut, maka reseller atau dropshipper tinggal menghubungi produsen untuk mengirimkan kepada alamat yang telah konsumen masukan,

5.       Pada proses pengiriman, minta resi pengiriman dari produsen untuk dikirimkan kepada konsumen, agar mereka bisa melihat perjalanan pengiriman barang yang mereka pesan,

6.       Pesanan sampai, uang masuk dan uang masuk ke dalam rekening. Tentu ini sangat mudah, namun tentu harus memiliki daya juang untuk mencari data informasi produsen. Semakin banyak data produsen, maka akan memudahkan dalam proses variasi jenis barang yang akan dijual yang imbasnya pada penghasilan yang akan terus meningkat.

5.    Menjadi Freelancer

Freelance merupakan pekerjaan yang memiliki intensitas dan kapabilitas yang tidak begitu rumit, karena mereka akan dibayar sesuai dengan kemampuan diri yang dimiliki. Freelancer dimaknai sebagai penawaran sebuah jasa dari kompetensi yang dimiliki oleh seseorang. Sudah banyak situs freelancer yang memberikan keleluasaan bagi para pemberi kerja untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan para freelancer, diantaranya adalah Projects, Sribulancer, Freelancer Indonesia, dan masih banyak lagi. Selanjutnya, hal yang bisa ditawarkan diantaranya,

1.       Kemampuan Desain (Grafis, 2D, 3D, Animasi, Logo, dan lain lain)

2.       Penerjemah (Artikel, Tulisan, Suara, dan lain – lain)

3.       Menulis (Artikel, Essai, Tugas, Laporan, dan lain – lain)

4.       Aplikasi (program, game, dan lain – lain)

5.       Data entry (berkenaan dengan pendataan, infografis, survei, dan lain – lain), serta banyak lagi.

Selain banyaknya pekerjaan yang bisa kita masukan, harga yang didapatkan merupakan harga yang ditawarkan oleh para freelancer dan disepakai oleh pemberi pekerjaan, jadi hal ini akan meminimalisir kerugian yang didapat oleh freelancer misalnya karena harga yang terlalu rendah.

6.    Mengunggah hasil foto, dibayar

Sekarang ini, apapun bisa menjadi penghasilan bagi seluruh golongan masyarakat, tinggal bagaimana kualitas yang didapati sesuai dengan kebutuhan pihak ke-2 atau ke-3, salah satunya adalah dengan mengunggah hasil foto dan menunggu seseorang baik instansi untuk membeli karya tersebut. Banyak situs yang bisa digunakan untuk kegiatan ini, diantaranya adalah Fotofolia, Getty Images, iStockPhoto, ShutterStock, Bigstock, Ebay, dan lain sebagainya. Jenis foto yang bisa diunggah juga bervariatif, karena sekarang kondisi sedang pandemi, maka bisa dimulai dengan foto lingkungan sekitar, dan jika perlu dibantu dengan aplikasi editing.

Jadi, ada beberapa skema untuk mendapatkan penghasilan dari mengunggah foto ini secara online, yaitu :

1.       Dengan menyimpan portofolio di website pribadi, lalu mengizinkan pengunjung atau pihak ke-2 atau ke-3 untuk mengakses dan melihat karya,

2.       Membuat gallery dan menjual foto secara langsung, baik gallery berupa website maupun drive online atau offline,

3.        Menjual foto dalam bentuk merchandise, seperti baju, kalender, cangkir, dan lain sebagainya,

4.       Jika anda tidak memiliki website sendiri, maka langkah terakhir adalah mengunggah pada beberapa website seperti yang disebutkan sebelumnya.

Dalam pembuatan website, tentu akan sulit jika memulainya, namun ada solusi lain yaitu dengan salah satu layanan dari di Exabytes yang merupakan Hosting Terbaik Indonesia yang melayani Hosting WordPressTerbaik dan Domain Murah. Dengan bantuan Exabytes, membuat website menjadi mudah, dan lebih menarik, terutama banyaknya template yang sudah disediakan, jadi bagi mereka yang pemula,Layanan wordpress dari Exabytes ini merupakan solusi terbaik.

7.    Mengikuti Event Perlombaan dan Give Away

        Sebelum pandemi covid-19 terjadi, mengikuti perlombaan merupakan sesuatu yang harus memiliki ekstra tenaga, karena selain membuat karya tentu para peserta terkadang harus hadir ke tempat penyelenggara, selain itu tentu akan menghabiskan waktu baik diperjalanan dan keuangan pula. Sejak adanya pandemic Covid-19 ini perlombaan menjadi sesuatu yang sangat lumrah dan sangat bervariatif. Informasi perlombaan bisa didapatkan melalui website informasi lomba, beberapa akun publik disosial media, terutama di Instagram yang memiliki identitas informasi lomba, disana terdapat katalog lomba mulai dari tingkat sekolah dasar hingga mahasiswa, dan juga umum atau tidak dibatasi usia serta instansi.

           Hadiah yang didapatkan tidak main – main, mulai dari angka ratusan ribu rupiah, hingga puluhan juta. Hal yang harus digaris bawahi adalah bagaimana memilih jenis lomba yang harus di ikuti, karena masyarakat harus bisa menyesuaikan kapasitas diri. Tetapi, jika dilihat secara umum, lomba – lomba berkategorikan menulis, sayembara foto, video, musik, dan lain sebagainya, merupakan sesuatu yang bisa dicapai oleh semua orang, tinggal bagaimana orang – orang tersebut berani untuk memulai.

           Salah satu perlombaan yang bisa diikuti adalah perlombaan yang diselenggarakan oleh Exabytes, yaitu lomba menulis artikel di blog dengan tema menghasilkan pendapatan dengan memanfaatkan internet di masa Covid-19, dengan total hadiah Rp.15.000.000. Sebagian besar orang bisa melakukannya, dengan fasilitas internet, baik menggunakan gawai maupun laptop, maka hal ini bukan lagi menjadi suatu keterbatasan untuk mengikutinya, terlebih sudah banyak warung internet yang tersebar hampir di seluruh Indonesia.

        Selain lomba, terdapat pula giveaway. Give away dimaksudkan untuk para peserta yang mengikutinya untuk taat dan melakukan sebuah tindakan sesuai regulasi yang ditetapkan oleh penyelenggara dan pemenangnya dipilih oleh penyelenggara sesuai dengan ketetapan dan kriteria yang diharapkan. Cara untuk mencari give away dengan mudah yaitu dengan membuka sosial media, baik instagram, facebook, twitter, youtube, dan lain sebagainya, lalu ketik kata give away dan atur menjadi postingan terbaru atau video terbaru. Setelah menemukan konten yang dimaksud, setiap orang tinggal melakukan regulasi dan apa yang diinginkan oleh penyelenggara. Hal ini sangat sederhana, dan bisa dilakukan keberbagai konten, dan peserta tinggal menunggu hari pengumuman pemenang. Perlu digaris bawahi, bahwa biasanya setiap hari ada konten giveaway, maka ini bisa menjadi kesempatan yang luar biasa.

8.    Program Afiliasi

Program afiliasi merupakan sebuah konsep pemasaran yang dalam prosesnya terdapat 3 pihak, yaitu pihak pertama sebagai pembuat program atau produk atau layanan, pihak kedua sebagai agen marketing, dan pihak ketiga adalah pembeli atau konsumen. Secara sederhana seseorang bisa mendapatkan uang setelah ada konsumen yang membeli produk pihak pertama yang dipromosikan oleh pihak kedua. Pihak pertama akan memberikan persentase keuntungan kepada pihak kedua karena telah membantunya untuk melakukan promosi sehingga ada pihak ketiga atau konsumen yang memesan baik produk maupun layanan yang mereka sediakan.

Sangat banyak perusahaan digital yang melakukan program ini, dan hal ini sangat bermanfaat bagi ketiga pihak, karena secara tidak langsung, pihak pertama akan mendapatkan konsumen dan penghasilan, begitu pula pihak kedua yang mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus membuat suatu produk atau layanan, dan pihak ketiga bisa mendapatkan informasi layanan dengan mudah sehingga membantu mereka untuk mendapatkan kebutuhannya, baik untuk program pibadi, usaha, institusi, dan lain sebagainya.

Salah satu program afiliasi yang sangat disarankan adalah program afiliasi yang diselenggarakan oleh Exabytes, dimana disetiap layanan pihak kedua akan mendapatkan penghasilan yang beragam, dan yang dikerjakan sangat mudah, yaitu membagikan tautan yang disiapkan oleh Exabytes. Tugas yang sangat sederhana, dan memungkinkan setiap orang untuk mendapatkan penghasilan pasif. Berikut perkiraan pendapatan yang bisa diperoleh

Maka, jika dikalkulasikan, pendapatan seseorang yang melaksanakan program tersebut, sebagai berikut,

Kategori Produk

Paket & Komisi

Harga

Komisi didapat

Asumsi Jumlah konsumen/bulan

Total Pendapatan / Bulan

Business Hosting - 25%

EBiz Lite

Rp. 300,000/thn

Rp. 75,000

5

Rp. 375,000

Premium Business Hosting - 25%

EBiz Lite – PRO

Rp. 1,320,000/thn

Rp. 330,000

3

Rp. 990,000

VPS SSD - 6%

VPS SSD Linux 8

Rp. 4,800,000/thn

Rp. 288,000

2

Rp. 576,000

Dedicated Server - 6%

Instant Dedicated Server - Economy

Rp. 21,588,000/thn

Rp. 1.295,280

1

Rp. 1,295,280

Grand Total Pendapatan Perbulan

Rp. 3,236,280

Dengan bekerja melalui membagikan tautan saja dan memiliki penghasilan pasif dengan estimasi senilai Rp. 3,236,280 per bulan, maka hal ini merupakan sebuah peluang yang luar biasa. Banyak para pebisnis yang membutuhkan layanan hosting, website, blog, domain, dan server, sehingga ini merupakan peluang berpenghasilan yang sangat potensial. Untuk memulainya, bisa dengan mengunjungi Exabytes : Program Afiliasi Terbaik

Pandemi Covid-19 merupakan sebuah ujian sekaligus anugrah bagi sebagian orang yang bersyukur. Internet merupakan solusi besar bagi masyarakat untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan diatas keterbatasan aktivitas secara langsung karena adanya peraturan protokol kesehatan. 8 Cara berpenghasil melalui internet ini merupakan sebuah ilmu yang harus terus disampaikan kepada seluruh masyarakat, karena dampaknya adalah meningkatnya kualitas perekonomian micro bahkan akan memiliki dampak secara makro ditingkat nasional, hingga internasional.

Namun, sebaik – baiknya ide, tidak akan menjadi sesuatu yang luar biasa apabila tidak ada tindakan setelahnya. Oleh karena itu, mari kita mulai dengan niat, dan paksakan dari hal yang termudah, dari 8 cara diatas, banyak sekali hal – hal mudah yang bisa kita mulai. Konsep rezeki yang harus diterapkan pada diri masing – masing adalah bagaimana seseorang bisa memantaskan diri mereka. Rezeki itu tidak harus dikerjar, karena rezeki itu didatangkan, tetapi bagaimana kepantasan diri setiap orang untuk mendapatkannya, baik melalui ikhtiar, doa, dan tawakal. Jadi, paksakan diri untuk berani memulai dan menjadi lebih baik dari hari sebelumnya.

1 comment:

  1. Просматривайте графики ссылка на hydraclubbioknikokex7njhwuahc2l67lfiz7z36md2jvopda7nchid – это даст шанс просмотреть изменение ценности биткойна. В смысле развития цены центральной криптовалюты прогнозируется в размере $300000 к следующему году. В текущее время старшую крипту затаривают практически все – от обычных трейдеров, до громадных инвесторов.

    ReplyDelete